ANALISIS KEMANDIRIAN KEUANGAN PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI KEPULAUAN RIAU DAN WACANA PEMEKARAN WILAYAH

  • hartoto toto
Keywords: PAD, dana perimbangan, kemandirian keuangan, pemekaran daerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Provinsi Kepulauan Riau tahun 2015 dikaitkan dengan wacana pemekaran wilayah. Penelitian menggunakan data Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Kabupaten/Kota yang diperoleh dari laman BPK RI secara online. Metode analisis data menggunakan Rasio Kemandirian Keuangan Daerah (RKKD) dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan RKKD Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau (kecuali Kota Batam) masuk kategori rendah dan sangat rendah, sehingga memiliki hubungan keuangan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah intruktif. Hal ini berarti Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau (kecuali Kota Batam) dalam pembiayaan masih sangat tergantung dengan dana perimbangan/transfer dari pemerintah pusat.Wacana pemekaran Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan belum disarankan jika dilihat dari indikator kemandirian keuangan pemerintah daerah.

References

Abdul Halim. (2007). Akuntansi Sektor Publik: Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta : Salemba Empat.

Mahmudi. (2010). Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Edisi Dua. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Mardiasmo. (2002). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mohammad Mahsun. (2012). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta:BPFE.

Mudrajad Kuncoro (2003). Ekonomi Pembanguan. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN

Harto Harto (2004). Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah dan Optimalisasi PAD di Kabupaten Pati. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Hermi Oppier. (2013). Analisis Pengaruh Pelaksanaan Otonomi Daerah Terhadap Perkembangan Kemampuan Keuangan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara. Jurnal Benchmark Volume 2 November 2013.

Joko Pramono (2012). Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Pemerintah Kota Surakarta). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surakarta.

Puput Risky Pramita (2015). Analisis Rasio untuk Menilai Kinerja Keuangan Daerah Kabupaten Kebumen Tahun 2009-2013. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

http://www.bpk.go.id/.
Published
2019-04-25
How to Cite
toto, hartoto. (2019). ANALISIS KEMANDIRIAN KEUANGAN PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI KEPULAUAN RIAU DAN WACANA PEMEKARAN WILAYAH. Tabir, 5(01), 31-57. Retrieved from https://journal.staimutanjungpinang.ac.id/index.php/tabir/article/view/16
Section
Articles