http://journal.staimutanjungpinang.ac.id/index.php/tabir/issue/feed Tabir 2019-04-26T08:10:23+00:00 Lembaga Jurnal staimutpi.tanjungpinang@gmail.com Open Journal Systems <p>TABIR-merupakan Jurnal yang diterbitkan&nbsp; Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang. Tabir ini sendiri mengangkat jurnal dengan tulisan yang ruang lingkup ilmunya adalah Pendidikan Agama Islam, Tadris Bahasa Inggris, Ekonomi Syariah dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Tabir Terbit 2 kali dalam setahun.</p> http://journal.staimutanjungpinang.ac.id/index.php/tabir/article/view/15 INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PADA MATERI SAINS 2019-04-25T09:26:06+00:00 hairunnisa ica anisa_chaerunnisa@yahoo.com <p>Pendidikan sebagai bagian dari integral kehidupan masyarakat di era global harus dapat menumbuhkan dan memfasilitasi&nbsp; berbagai kompetensi peserta didik. Pendidikan merupakan&nbsp; proses mengubah&nbsp; tingkah&nbsp; laku&nbsp; siswa menjadi manusia dewasa yang mampu hidup mandiri dan sebagai anggota masyarakat dalam&nbsp; lingkungan&nbsp; alam&nbsp; sekitar.&nbsp; Dunia&nbsp; yang berubah dengan&nbsp; sangat&nbsp; cepatnya menuntut setiap individu &nbsp;agar memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas guna&nbsp; meningkatkan kesejahteraan dan mempertahankan hidup menghadapi arus globalisasi. Globalisasi ditandai oleh kompleksitas keragaman dalam masyarakat. Untuk itu setiap individu di era global setiap individu harus mengembangkan kapasitasnya secara optimal, memiliki kemampuan memecahkan masalah, mengemukakan ide-ide kreatif, inovatif, kreatif dan mengadaptasikan diri ke dalam situasi global yang bervariasi dan cepat berubah.</p> 2019-04-25T09:26:04+00:00 Copyright (c) 2019 Tabir http://journal.staimutanjungpinang.ac.id/index.php/tabir/article/view/17 PERAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH DALAM PENJAMINAN DAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN 2019-04-25T09:02:27+00:00 muhammad nur nur mnur5388@gmail.com <p><em>Permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia </em><em>dianataranya&nbsp; adalah rendahnya kualitas pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, misalnya dengan pengembangan kurikulum, peningkatan mutu guru, perbaikan sarana pendidikan, pengadaan buku dan alat peraga, serta peningkatan mutu manajemen madrasah. Namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang berarti. Sebagian sekolah atau madrasah memang telah menunjukkan peningkatan mutu pendidikan yang cukup mengembirakan, namun pada umumnya, sebagian besar lainnya masih memprihatinkan.</em></p> <p><em>P</em><em>e</em><em>r</em><em>a</em><em>n BAN-S/Mdalampenjaminan mutupendidikantidak terlepasdariperankegiatanakreditasisebagaiunsureksternalyang hasilnya(baik berupa peringkatakreditasi maupun rekomendasi tindak lanjut)disampaikankepadasetiap satuanpendidikandan berbagai instansi penyelenggara dan pembina satuan pendidikan sebagai masukan untuk perbaikan, pengembangan, dan penyempurnaan mutu dalamrangka penjaminanmutu pendidikan</em></p> <p><em>Kelayakan kegiatan sistemik dan terpadu oleh satuan atau program pendidikan, penyelenggara satuan atau program pendidikan, pemerintah daerah, Pemerintah pusat, dan masyarakat untuk menaikkan tingkat kecerdasan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang dievaluasi dan dibina melalui akreditasi, sehingga dari masa ke masa akan semakin meningkat mutu pendidikan di Indonesia. </em></p> 2019-04-25T09:02:25+00:00 Copyright (c) 2019 Tabir http://journal.staimutanjungpinang.ac.id/index.php/tabir/article/view/16 ANALISIS KEMANDIRIAN KEUANGAN PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI KEPULAUAN RIAU DAN WACANA PEMEKARAN WILAYAH 2019-04-25T09:08:26+00:00 hartoto toto ir.hartoto@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Provinsi Kepulauan Riau tahun 2015 dikaitkan dengan wacana pemekaran wilayah. Penelitian menggunakan data Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Kabupaten/Kota yang diperoleh dari laman BPK RI secara online. Metode analisis data menggunakan Rasio Kemandirian Keuangan Daerah (RKKD) dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan RKKD Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau (kecuali Kota Batam) masuk kategori rendah dan sangat rendah, sehingga memiliki hubungan keuangan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah intruktif. Hal ini berarti Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau (kecuali Kota Batam) dalam pembiayaan masih sangat tergantung dengan dana perimbangan/transfer dari pemerintah pusat.Wacana pemekaran Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan belum disarankan jika dilihat dari indikator kemandirian keuangan pemerintah daerah.</p> 2019-04-25T09:08:25+00:00 Copyright (c) 2019 Tabir http://journal.staimutanjungpinang.ac.id/index.php/tabir/article/view/14 PERAN KEBUDAYAAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN 2019-04-26T08:10:23+00:00 Cut Purnamasari Cut cutpurnamasari88@gmail.com <p>Kebudayaan dan pendidikan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan.. Salah satu manfaat pendidikan untuk kebudayaan adalah menjadi sarana penting dalam melestarikan kebudayaan untuk diwariskan kepada generasi berikutnya. Dalam sudut pandang pendidikan secara individu, &nbsp;pendidikan mengemban dua tugas utama, yaitu peningkatan potensi individu dan pelestarian nilai-nilai budaya. Oleh karena itu kebudayaan memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan.&nbsp;</p> 2019-04-25T09:27:53+00:00 Copyright (c) 2019 Tabir http://journal.staimutanjungpinang.ac.id/index.php/tabir/article/view/11 PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONSTELASI PERUBAHAN ZAMAN 2019-04-25T09:28:21+00:00 Siti Mariyah mardiaahmadmarya@yahoo.com <p>Pendidikan Islam merupakan sebuah usaha sadar&nbsp; yang dilakukan untuk merubah paradigma kehidupan umat manusia yang membebaskan diri dari belenggu kebodohan dan ketidaktahuan.Pendidikan Islam memainkan peranan yang sangat besar terhadap kelangsungan paradigma kehidupan umat manusia di zaman yang serba modern ini. Pendidikan Islam menjadi filterisasi terhadap segala unsur-unsur kehidupan yang hadir bersamaan dengan lajunya arus globalisasi. Langkah-langkah strategis perlu dilakukan dalam mewujudkan pendidikan Islam yang maju dan mampu menjadi pengendali mesin globalisasi</p> 2019-04-25T09:28:20+00:00 Copyright (c) 2019 Tabir