ANALISIS PENGARUH PAJAK TERHADAP PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI KABUPATEN BINTAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM

  • Mardhiah
  • Nadia Rafi Fransiska
Keywords: Analisis Pajak, Pendapatan dan Pembangunan

Abstract

Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah merupakan badan yang mempunyai tugas melaksanakan sebagian urusan pemerintah daerah  yang mana dilaksanakan berdasarkan Peraturan Daerah No. 7 Tahun 2017 tentang organisasi perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sebagai amanat atas Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2017 tentang Perangkat Daerah. Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah merupakan unsur pelaksana Pemerintah Provinsi dibidang pendapatan sesuai dengan kewenangan pemerintah serta peraturan Perundang-undangan. Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan adalah data primer melalui informasi langsung dari badan perusahaan yang diteliti, dan data sekunder melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Adapun pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa mulai optimalnya pembayaran pajak yang diterima oleh badan penerima pajak, pemungutan yang dilakukan juga menurut ajaran islam, telah melakukan pembangunan untuk wilayah yang sedikit jauh dari pusat pemerintah daerah seperti Mantang dan pulau disekitarnya.

References

Arikunto, S. (2006). Proses Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kepulauan Riau. (n.d). Laporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Kepulauan Riau.

Doe, J. (2019). The role of taxation in economic development. Journal of Economic Studies, 10(2), 45- 60.

Hadi, S. (2006). Metodologi Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Johnson, R. (2018). Financial management in local governments: A focus on development goals. Public Administration Review, 43(1), 78- 92.

Provinsi Kepulauan Riau. (n.d.). Situs Resmi Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Diakses pada 26 Juni 2023, dari www.kepriprov.go.id.

Smith, A. (2022). The importance of taxation in regional development. Economic Perspectives, 25(3), 120-135.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Published
2023-08-07
How to Cite
Mardhiah, & Nadia Rafi Fransiska. (2023). ANALISIS PENGARUH PAJAK TERHADAP PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI KABUPATEN BINTAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Miftahul Ulum, 1(2), 51-55. Retrieved from http://journal.staimutanjungpinang.ac.id/index.php/junamu/article/view/72
Section
Articles